Apa Itu Deface Website ? Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu Deface Website ? Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu Deface | Ketika tampilan web kalian tiba tiba berubah tanpa sebab mungkin itu laha kalian terkena deface website. aka dari itu keamanan website itu sangat penting. Karna terdapat celah maka website kalian mudah terkena deface itu membuktikan sangat lemahnya proteksi website kalian.

Apakah masalah ini bisa di atasi ? Tentu saja bisa kuy simak ya.

Apa Itu Deface Website ?

Deface Website Merupkan sebuah kejadian ketika seseorang ( peretas ) memasuki celah keamanan pada website kita dan melakukan hal hal yang dapat merugikan kita dengan merubah tampilan website, mengganti font, mengedit/menghapus file pada website kita bahkan menanamkan iklan untuk kepetingan preibadinya sendiri.

Tidak hanya itu, bahkan dapat mencuri data data penting pada website. Terutama jika website kalian merupakan sebuah website oranganisa, perusahaan atau juga yang lainnya.

1. Apa Motif Hacker Melakukan Deface Terhadap Website Anda ?

Ketika kejadian ini terjadi kepada kalian pasti kalian bertanya tanya mengapa, kenapa, siapa dan bagaimana ini bisa terjadi. Terdapat banyak faktor untuk kejadian masalah ini

Menguntungkan Hacker

Bisa saja si peretas memasang iklan di situs anda atau bisa juga menaruh backlink untuk menanikan website mereka ada mendapatkan trafiic atau juga mbalan yang lainnya.

Motif Prabadi, Agama, Politik dan Lainnya

Kadang kala juga bisa saja terjadi karna punya dendam terhadap kita itu memungkinkan salah satu penyebab, kadang kala juga untuk memprovokasi suatu organisasi besar agar terjadi perselisihan mengadu dombakan. Baik itu antar organisasi pemerintahan agama dan lainnya.

Kesenangan Semata

Terkadang juga ada yang hanya menguji kemampuan mereka dengan mencoba mendeface website kalian atau bisa juga hanya untuk pamer bahwa mereka bisa meng”hack” sebuah website.

2. Bagaimana Cara Mencegahnya ?

Credential Login yang Lemah

Nah, alangkah baikanya jika kalian membuat akun apapun buat password yang sulit dengan kombinasi angka huruf kecil besar dan lainnya.

Menggunakan HTTPS

Apa Itu Deface Website

HTTPS adalah protokol yang digunakan untuk menjamin keamanan pertukaran data di website Anda. Jadi, tidak ada penyusupan pada proses request dari user ke server.

Penggunaan HTTP sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki toko online, website forum, atau membership. Alasannya, jenis website tersebut meminta dan mengelola informasi sensitif pengunjung website. Dengan protokol HTTPS, keamanannya bisa lebih ditingkatkan.

Antivirus dan Firewall Tidak Aktif

Apa Itu Deface Website

Penting juga mengguanaka antivirus dan firewall tidak lupa juga untuk mengupdatenya juga agar dapat meminimalisir kalian terkena deface.

Menggunakan Tema dan Plugin yang Rentan

Kemungkinan ini bisa saja terjadi jika tema yang kalian gunakan sudah tidak pernah update lagi makin lama ini membuat celah untuk para hacker untuk mendeface web kalian

Kerjakan Pengujian Kemanan Secara Periodik

Penting untuk lakukan audit keamanan web secara reguler . Maka, Anda dapat mengetahui sela keamanan lebih awal. Disamping itu, cara audit lebih gampang karena ada beragam tool testing.
Misalnya, memakai UpGuard. Anda cukup masukkan URL web Anda di bar yang disiapkan. Dengan sekali click, tool ini akan menolong Anda ketahui tingkat keamanan web itu, Dari info yang diperlihatkan, Anda akan ketahui apa yang penting dilaksanakan untuk tingkatkan keamanannya. Misalkan, aktifkan SSL, atur seting Cookies dan yang lain.

Membuat Credential yang Susah

Memakai credential login yang susah akan tingkatkan keamanan web Anda. Karena, peretas semakin lebih susah menjebol web Anda. Triknya, ganti standar login dengan username unik. Disamping itu, pakai sandi yang panjang dengan gabungan huruf, angka dan watak khusus.
Jika memang perlu, Anda juga bisa memasang plugin keamanan yang batasi eksperimen login . Maka, dapat kurangi peluang gempuran brute force di web Anda.

Membuat Cadangan Web dan Database

Bila Anda jarang-jarang atau mungkin tidak teratur lakukan pencadangan file dan database web, yakinkan Anda mencadangkannya lebih dulu saat sebelum membenahi web. Ini perlu dilaksanakan supaya bila ada kerusakan yang lebih kronis terjadi secara tidak menyengaja, Anda dapat kembalikan web ke keadaan awalnya.

Non-aktifkan Debuggiing Model

Tampilkan info error message ke pemakai rupanya cukup beresiko. Banyak info yang dapat dipakai untuk mendapati sela keamanan web Anda. Misalkan, username yang dapat turut ada pada pesan error itu.
Salah satunya langkah menanganinya dengan mematikan debugging model. Dengan cara ini Anda dapat menonaktifkan PHP reporting di WordPress Anda.
Triknya, Anda dapat lakukan peralihan komposisi wp-config php berikut di bawah ini:

ini_set(‘log_errors’,‘On’);
ini_set(‘display_errors’,‘Off’);
ini_set(‘error_reporting’, E_ALL );
define(‘WP_DEBUG’, false);
define(‘WP_DEBUG_LOG’, true);
define(‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false);

Dengan peralihan itu, diharap tak lagi ada info error yang detil saat pengunjung terhubung web Anda.

Kesimpulan

Deface terjadi karna keamanan sebuah website yang lemah maka dari itu selalu pastikan website kalian terjaga dengan aman. Dengan memilih domain yang memiliki keamanan yang baik bila kalian sudah terlanjur kerkena deface tidak usah terlalu panik lakukan dengan langkah langka menghapus data yang bermasalah atau juga bisa dengan merestore data kalian yang sudah kalian backup sebelumya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *